Loading...
Home » » Pengertian DESKTOP BASED dengan WEB BASED

Pengertian DESKTOP BASED dengan WEB BASED

DESKTOP BASED dengan WEB BASED

Pemogramman berbasis desktop atau DESKTOP BASED adalah aplikasi berbasis desktop yang berjalan di satu atau beberapa komputer (terhubung dalam satu jaringan) secara independen dan tidak memerlukan browser.
Sumber : Modul Pemogramman
Sedangkan pengertian WEB BASED adalah aplikasi yang dibuat berbasis web yang membutuhkan web server dan browser untuk menjalankannya. Ms Office adalah contoh desktop based, sedangkan Google.com adalah web based. Contoh lain dari web based adalah sistem pemesanan dan pembelian tiket pesawat online, contoh lain yang paling gampang adalah blog yang menaungi tulisan-tulisan kita ini adalah berbasis web, dan masih banyak lagi contoh aplikasi-aplikasi berbasis web yang jumlahnya sudah ribuan itu.
Mencari contoh untuk aplikasi berbasis web lebih mudah ketimbang yang berbasis desktop.aplikasi web telah menjadi primadona di kalangan programmer, banyak sekali pesanan-pesanan pembuatan Sistem Informasi yang platformnya berbasis web. Mungkin saja hal ini berkaitan dengan begitu pesatnya kemajuan internet di Dunia. Saat ini internet tidak hanya dapat diakses melalui PC saja, Mobile phone, PDA bahkan HP dengan harga murah pun telah bisa menjangkaunya. Jadi tidak salah, kemajuan internet saat ini turut mengangkat citra aplikasi web based di kalangan programmer.

Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya adalah bahwa untuk menjalankan aplikasi desktop kita harus menginstal terlebih dahulu aplikasinya pada komputer Client. Sedangkan, kalau aplikasi web kita cukup membuka browser (IE, Opera, Mozilla, Google chrome), kemudian menuju alamat dari web server, dan otomatis kita telah mendapatkan interfacenya (antar muka).

Bahasa Pemrograman dari keduanya pun berbeda, kalau pada desktop based didukung oleh beberapa macam platform Visual macam Microsoft Visual Basic , Borland Delphi atau Visual Fox Pro. Sedangkan untuk web based diusung oleh bahasa pemrograman macam HTML (atau sekarang versinya sudah HTML5), PHP, CSS, JavaScript, dll.

Untuk lebih lengkap tentang perbedaan keduanya, berikut ini saya paparkan beberapa keunggulan dan kelemahan pada Desktop Based atau Web Based yang Saya peroleh dari beberapa sumber.

Keunggulan Web Based :

1. Kemudahan Akses

WEB diakses menggunakan browser, dimana semua Sistem Operasi pasti memiliki browser. Pengguna yang memiliki mobilitas yang tinggi cukup menggunakan Handphone untuk mengakses WEB. Ini yang tidak bisa dilakukan oleh desktop Based, karena kita harus install terlebih dahulu aplikasi di sisi Client.

2. Kemudahan Maintenance / Perawatan

DESKTOP membutuhkan instalasi dan upgrade pada setiap Client sementara WEB hanya membutuhkan upgrade pada sisi Server. Otomatis biaya perawatan aplikasi WEB menjadi lebih ringan.

3. Kebutuhan Perangkat Keras lebih rendah

Spesifikasi kebutuhan Hardware untuk web based sangat rendah untuk Client. Karena semua proses bergantung pada Server, maka dapat dikatakan beban pada Client hampir tidak ada.

Keunggulan Desktop Based :

1. Tingkat Keamanan

Mengamankan proses pengiriman data pada DESKTOP lebih mudah daripada WEB. Karena WEB langsung terhubung pada “dunia luar”, selalu ada resiko keamanan menyangkut proses online.

2. Kecepatan dan Stabilitas Koneksi

Aplikasi WEB sangat bergantung pada koneksi, apalagi bila ada masalah-masalah koneksi, misalnya “Denial of Service”, “Bandwith Limit Exceeded”, dll. Sementara Desktop yang dibangun pada server mandiri tentu hanya melibatkan koneksi online saat kebutuhan sinkronisasi data.

3. Kemudahan Penggunaan

Aplikasi DESKTOP lebih memanjakan user dari segi penggunaan. Dengan jumlah komponen yang jauh lebih banyak dan bervariasi dibandingkan WEB.

Keunggulan
  1. Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
  2. Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
  3. Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
  4. Prosesnya lebih cepat.
Kekurangan
  1. Apabila akan menjalankan aplikasi, harus diinstal terlebih dahulu di komputer.
  2. Bermasalah dengan lisensi. Hal ini membutuhkan lisensi yang banyak pada setiap computer
  3. Aplikasi tidak dapat dibuka di computer lain, jika belum diinstall
  4. Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.
Sumber : Modul Pemogramman Visual Desktop

Thanks for reading Pengertian DESKTOP BASED dengan WEB BASED

« Previous
« Prev Post
Oldest

0 komentar:

Post a Comment

Cari Disini